Gelar Pembekalan KKN, STIE Bima Terapkan Protap Covid-19

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

KOTA BIMA,- Wabah Covid 19 masih terus menghantui kehidupan masyarakat. Tidak terkecuali berdampak pada pelaksaan Tri Dharma perguruan tinggi, salah satunya STIE Bima. Disisi lain, kegiatan yang telah diagendakan dituntut tetap berjalan sebagaimana mestinya, tentu disertai dengan penyusaian.

Salah satunya adalah kegiatan pembekalan KKN angkatan 2020 yang dilaksanakan selama tiga hari, yaitu Kamis (23/7/2019) hingga Sabtu (24/7/2020) lalu. Selama kegiatan berlangsung, panitia menerapkan standar Protokoler Covid-19.

“Kami dari panitia, dengan tegas menerapkan standar yang telah ditetapkan pemerintah terkait dengan Covid-19 ini,” kata Herry Nurdin, MM, Ketua Panitia KKN tahun 2020.

Adapun standar yang dimaksud kata dia, seperti harus mengenakan masker, menjaga jarak, tidak bersentuhan dan lain-lain. “Misalnya di pintu masuk kampus, sudah ada petugas yang cek suhu badan, jika diatas normal akan dipulangkan. Begitupun dengan wadah cuci tangan dengan sabun kami siapkan di sejumlah titik,” ujarnya.

Begitupun saat pelaksanaan kegiatan, peserta pembekalan diatur tempat duduk. Masing- masing diberi jarah 1,5 hingga 2 meter. Sehingga tidak terjadi kontak fisik. “Kami jaga betul pelaksanaan pembekalan ini masa covid ini,” tegasnya.

Tidak hanya itu lanjut dia, peserta KKN juga dibagi dalam 4 sesi pembekalan. Sehingga para peserta berada dalam kampus Biru tersebut dalam waktu yang sangat singkat, yaitu 1,5 sampai 2 jam saja.

“Kalau sudah selesai kegiatan, kami langsung mengawasi mahasiswa agar langsung pulang, sehingga saat sesi lain masuk kondisi kampus atau ruangan sudah kosong. Kondisi itu terjadi selama kegiatan,” tuturnya.

Hal yang sama juga disampaikan Ketua STIE Bima, Firdaus ST, MM.

“Tidak hanya peserta yang diatur, panitiapun harus mematuhi standar yang ada. Ambil contoh, kalau tidak menggunakan masker maka kami minta untuk pulang ambil masker terlebih dahulu baru bisa masuk area kampus,” jelasnya.

Hal itu kata dia, sebagai upaya pihaknya mendukung pemerintah dalam menekan angka penyebaran Covid-19. Sehingga wabah ini cepat berlalu dan kehidupan berjalan kembali normal seperti sedia kala.

Adapun materi yang disampiakn pada Pembekalan KKN tersebut adalah tentang, Gambaran Umum KKN, Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, Kuliah Kerja Nyata masa Pandemik Covid 19, dan Administrasi dan Pelaporan KKN.  (*)