Rayakan HUT RI ke-75, MAHASISWA KKN STIE Bima Bersama Pemdes Bajo Selenggarakan Lomba Tangkap Bebek di Laut

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Kota Bima, kahaba.-Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-75 mahasiswa KKN STIE Bima bersama Pemerintah Desa (Pemdes) Bajo menggelar berbagai macam lomba unik, sebagai bentuk penghormatan atas jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan Republik Indonesia.

Ada sejumlah lomba yang digelar, mulai dari makan kerupuk, lari karung, lari kelereng, menggendong isteri hingga keseruan lomba saat warga mulai terjun ke laut untuk menangkap 20 bebek yang dilepas panitia. Masyarakat yang terdiri dari pelajar, mahasiswa, pemuda hingga orangtua harus berenang sejauh 30 meter untuk menangkap bebek yang berenang.

Keriuhan memuncak kala sejumlah bebek yang hendak ditangkap sulit dipegang karena bebek terus berenang menjauhi peserta yang akan mencoba menangkapnya. Namun pada akhirnya, semua bebek berhasil ditangkap oleh peserta dalam tempo waktu sekitar 5 menit.

Ketua KKN STIE Bima Muamar Kadafid Desa Bajo Kecamatan Soromandi menyampaikan, kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja mahasiswa dibidang sosial kemasyarakatan. Apalagi bertepatan dengan perayaan hari kemerdekaan, dia bersama 26 orang mahasiswa lain ingin bersama masyarakat setempat membangun rasa kebersamaan dalam membangun desa.

“Lomba ini bagian dari menyambut HUT RI ke-75, sekaligus untuk memupuk rasa kebersamaan dan silaturahim antara masyarakat dengan mahasiswa KKN STIE Bima,” ujarnya Minggu (16/8).

Kadafid menuturkan, agenda lain program kerja mahasiswa adalah memberikan edukasi protokol kesehatan covid-19, dengan cara memberikan sosialisasi protokol kesehatan dari rumah ke rumah warga lain (door to door). Kemudian akan menggelar seminar kewirausahaan, terutama pengembangan produk olahan lokal.

“Untuk edukasi covid-19, kami sampaikan bagaimana cara menjaga pola hidup bersih, menggunakan masker setiap aktifitas, selalu mencuci tangan. Sedangkan seminar kewirausahaan ingin mengangka produk ikan seperti tongkol dan singkong, yang bisa diolah menjadi bakso, nuget dan kue,” katanya.

Sementara itu Anggota BPD Bajo Adhar Usman menambahkan, pihaknya siap bersama membantu mahasiswa KKN STIE Bima dalam menjalankan setiap program kerja. Terutama dibidang sosial kemasyarakatan dan pembangunan.

“Kami siap bekerjasama dalam bentuk kegiatan apapun dengan mahasiswa, demi terlaksananya program kerja bersama,” tambahnya. (*)